Kamis, Februari 25, 2016

Edmodo dalam Strategi Pembelajaran Guru/Dosen


Baru muncul sudah sekian lama tidak menulis di Blog ini, selain adanya kesibukan seterusnya alasan kelasik masih menjadi andalan yaitu lupa password....hehehe.


Tulisan kali ini share tentang aplikasi yang bisa digunakan Tenaga Pendidik dalam memudahkan penyampaian Pembelajaran dan Memajukan Teknologi di lokasi mengajar masing-masing. Banyak sih aplikasi yang sejenis, tetapi sepengalaman penulis yang sudah mencoba, di samping simpel dapat digunakan by Desktop System dan juga menggunakan Versi Mobile (Android dan IOS). Silahkan di coba.
 


Edmodo adalah platform microblogging pribadi yang dikembangkan untuk guru dan siswa, dengan mengutamakan privasi siswa. Guru dan siswa dapat berbagi catatan, tautan, dan dokumen. Guru juga memiliki kemampuan untuk mengirimkan peringatan, acara, dan tugas untuk siswa dan dapat memutuskan untuk mengirimkan sesuatu dalam kerangka waktu yang dapat dilihat publik.
 
Sebagai platform pembelajaran sosial untuk guru/dosen, siswa/mahasiswa maupun untuk orang tua/wali yang Edmodo dikembangkan pada akhir 2008 oleh Nic Borg dan Jeff O’Hara yang merasakan kebutuhan untuk berkembang di lingkungan sekolah/kampus untuk mencerminkan bahwa dunia yang semakin global dan terhubung, maka keduanya menciptakan sebuah alat/aplikasi yang dapat menutup kesenjangan antara bagaimana siswa/mahasiswa menjalani kehidupan mereka dan bagaimana mereka belajar di sekolah/kampus, untuk itulah maka Edmodo ada. Edmodo dibuat sebagai sebuah platform pembelajaran jejaring sosial untuk guru/dosen, siswa/mahasiswa, dan orang tua/wali.
 
   
Edmodo dirancang untuk membuat siswa/mahasiswa bersemangat belajar di lingkungan yang lebih akrab. Di dalam Edmodo, guru/dosen dapat melanjutkan diskusi kelas online, memberikan polloing untuk memeriksa pemahaman siswa/mahasiswa, dan lencana penghargaan kepada siswa/mahasiswa secara individual berdasarkan kinerja atau perilaku.
 
 Fungsi Utama Edmodo :
  1. Untuk mempermudah komunikasi antara murid dengan murid atau murid dengan guru/ dosen.
  2. Sebagai sarana komunikasi belajar/ berdiskusi.
  3. Ujian/quiz Online

Langkah Awal :

  • Cara Mendaftar akun Edmodo
  • Cara Membuat/ mendaftar akun Edmodo :

1. http://edmodo.com 
2. jika sudah, klik atas sendiri dan akan muncul tampilan seperti gambar dibawah
 
 
 
 
3. Klik tulisan I'm Student jika sobat Siswa/Mahasiswa, dan I'm Teacher untuk GURU/ DOSEN.
 
 
 
 
 
4. Jika sudah, akan keluar tampilah seperti gambar dibawah ini
 
 
 
 
 
 
5. Kemudian lihat lagi gambar dibawah. Isi semua kolom, dan yang saya lingkari warna merah (besar), isi dengan kode group sobat. Dan yang terakhir jangan lupa dicentang bagian bawah sendiri.
 
 
 
 
6. Lalu klik Sign in.
 
7. Selesai, dan hasilnya seperti gambar dibawah ini.
 
 
 
 
 
 
  • Pengaturan account

Dari halaman pengaturan akun, pengguna dapat mengatur untuk informasi profil, memasang dan mengganti foto. Untuk pengaturan Klik Me sudut kanan atas, Dalam menu tersebut pilih “Setting”.
 

  
Di halaman ini dapat melakukan berbagai hal di antaranya adalah :
  • Mengubah foto profil dapat memilih untuk mengunggah foto dari komputer pribadi atau menggunakan icon yang telah disediakan.
  • Mengubah informasi pribadi dapat menambahkan atau mengubah nama beserta alamat email.
  • Mengubah kata sandi (password)

  
  • Menentukan notifikasi pilih menu drop down notifikasi untuk menentukan mode notifikasi. Terdapat tiga pilihan yaitu tanpa notifikasi, notifikasi melalui email atau SMS/teks. Jika memilih notifikasi melalui email, artinya setiap pembaharuan aktivitas yang ada di akun Edmodo akan diberitahukan melalui email. Jika memilih notifikasi melalui teks, maka pemberitahuan akan dikirimkan melalui SMS ke HP Pengguna. Namun dalam hal ini baru penyedia layanan selular di wilayah Amerika saja yang baru bisa sedangkan di Indonesia belum. Untuk itu jika pengguna memilih ingin adanya pemberitahuan, maka pilihlah notifikasi melalui email.
  • Tipe notifikasi :  dapat memilih tipe pemberitahuan yang akan diterima dengan cara member tanda centang di kotak terhadap satu atau beberapa pilihan di antaranya :
  • Alerts : setiap ada tanda atau indikasi peringatan
  • Notes : setiap ada anggota dari kelas pengguna yang mengirimkan notes
  • Direct message: setiap ada anggota dari kelas pengguna yang mengirimkan pesan pribadi
  • Replies: setiap ada anggota kelas yang membalas notes dari anggota lainnya.
  • New group members : setiap ada anggota baru di kelas pengguna o Group join request _ setiap ada permintaan untuk bergabung di grup kelas/mata pelajaran/kelompok kerja yang ada di edmodo pengguna.


Membaca Modul Pelajaran
 
Untuk dapat melihat modul bahan bacaan, power point, video ataupun materi lainnya. Klik pada pilihan groups yang sudah di create/dibuat sebelumya.
 



Setelah masuk, lalu klik folder
 



  
Setelah klik pilih materi yang ingin dibaca atau dipelajari





pengguna bisa mendownload materi dan menyimpannya di komputer atau  bisa langsung melihatnya di komputer tanpa menyimpannya
 


Untuk melihat tugas atau kuis yang diberikan, silahkan klik Filter post by. Lalu disana  bisa memilih assigement/Tugas dan quizez untuk kuis.
 


Bila  sudah selesai mengerjakan tugas dan telah menyimpannya dalam bentuk documen dan siap untuk turn in, maka klik file dan upload. (harap diingat dimana nama file dan tempat  menyimpan document nya).
 


Bila  sudah memasukan tugas dalam bentuk file akan terlihat :
 


Bila  memasukan tugas dalam bentuk link akan terlihat seperti ini :
 



  
Blia dalam mengerjakan Quizes atau kuis. Harap diingat bahwa pengerjaan kuis ini ada tenggang waktunya. Jadi begitu sekali buka sudah dihitung waktunya. Oleh karena itu siapkan diri  dengan baik sebelum membuka kuis. 

 
Menggunakan Smartphone
 
Turn in Menggunakan Smartphone : tugas sebaiknya disimpan terlebih dahulu di Dropbox (Instal dan aktifkan dropbox) setelah itu klik file dan pilih file di dropboa dan setelah itu submit .
 




Pemberitahuan / Notifikasi


  
Bagian notifikasi terletak di pojok kanan atas halaman depan Edmodo. Guru dan siswa dapat melihat kegiatan-kegiatan yang akan datang, balasan terhadap notes yang diposkan, alerts dan pesan pribadi dari guru dan siswa. Untuk guru dapat melihat apakah ada notifikasi jika ada anggota baru bergabung, guru yang ingin berkoneksi, jika ada tugas yang telah diunggah siswa. Untuk siswa, bagian notifikasi akan terlihat jika ada tugas tersedia dalam waktu dua minggu dan menunggu untuk dikerjakan. Siswa juga dapat melihat notifikasi nilai yang sudah diberikan oleh guru terhadap tugas yang telah dikerjakan.
Membuat Grup/Kelompok
 
Untuk membuat grup, pilih create di panel sebelah kiri halaman depan Edmodo. Isi identitas yang diperlukan, klik tombol create dan akan tampil 6 digit kode grup. Kode ini yang diberikan kepada siswa yang akan bergabung di grup. Jika siswa telah memiliki akun Edmodo, mereka bisa langsung bergabung dengan klik join yang ada di panel grup sebelah kiri halaman Edmodo mereka.

 
Mengunggah Bahan Ajar di Library
 
Library selayaknya perpustakaan di sekolah. Sebagai guru,  bisa mengunggah dokumen maupun link situs sebagai referensi bagi siswa, juga dapat mengaturnya dalam folder-folder untuk memudahkan akses bagi setiap kelas.
  • Masuk ke kelas yang telah dibuat, kemudian klik create and share folder with this group in the Library.
  • Muncul halaman library . Klik new untuk membuat folder baru.
  • Tentukan nama folder dan kelas mana saja yang dapat mengakses folder tersebut lalu klik create.
  • Kembali ke halaman library, klik untuk menambahkan file atau referensi lain. Muncul jendela upload to library.

Beri tanda (mark) add to folder apabila  ingin menambahkan pada folder. Klik tab Files untuk menambahkan file, kemudian klik upload untuk mulai mengunggah. Apabila referensi yang ingin ditambahkan berupa link, klik tab link untuk memasang link atau alamat suatu situs.
 

 
Catatan / Note
Klik note untuk menulis catatan. Fungsi catatan ini sama halnya ketika guru berbicara di depan kelas. Klik send untuk mengirim catatan. Apabila berhasil, akan muncul tampilan sesuai catatan yang diketikkan.
 

 
Pengumuman / Alert
Pengumuman alert merupakan jenis note yang lebih sederhana, karena tidak memiliki lampiran berupa file, link maupun library. Biasanya alert digunakan untuk mengingatkan siswa akan batas waktu pengiriman tugas.

 
Penugasan / Assignment
Penugasan merupakan salah satu fitur yang membedakan Edmodo dengan jejaring sosial lain. Melalui fitur ini guru dapat memberikan tugas pada siswa dengan batasan waktu pengumpulan tugas, bahkan memberi penilaian pada tugas tersebut.


 
Kolom Calendar Edmodo
Pada kolom kalender Edmodo  bisa berbagi event atau kegiatan yang ada dalam sekolah maupun universitas. Ini sangatlah mudah bagi   untuk yang tidak sempat untuk meluangkan waktu membuat jadwal dan ditempelkan ke dinding wacana,  bisa mengatur semua aktifitas atau jadwal yang  diinginkan dengan mudah disini.


yang baik adalah pengunjung memberikan komentar.
 
 

Tidak ada komentar: