Minggu, April 05, 2009

Menghilangkan "Windows Genuine Validation"

Sebenarnya tips ini sudah saya ketahui sejak tahun 2006, tapi karena pada waktu itu saya belum menggunakan blog dan kurang begitu senang menulis jadi terabaikan begitu saja, maklum karena Windows yang saya gunakan lisensi...... dan sejak tahun 2008 saya berpindah hati menggunakan open source.
Nah...kebetulan notebook dan Kompi teman ada yang mengalami kasus seperti itu....akhirnya saya bantu mengatasi masalah ini. Awalnya saya utak atik pada registry windows alhasil OS nya "hang".... yach... mau gak mau saya bertanya dengan famili saya "Om google" (dia baik loh...) dan akhirnya dapat resume dari om saya artikel dari choidirin tentang mengatasi problem menghilangkan Windows Genuine Validation.....ternyata simpel sekali dan berhasil.
Semoga artikel ini menambah ilmu bagi para pembajak2 softwere..... berikut paparan artikelnya
Bagaimana cara menghilangkan WIndows Genuine Advantage Nag Screen yang selalu muncul di Windows?
Jika kita mengaktifkan fitur auto update pada Windows XP dan mekalukan update lewat internet, Microsoft akan mengecek apakah Windows yang kita gunakan asli atau bajakan. Jika ternyata bajakan, kita diminta untuk melakukan validasi. Tentu saja validasi ini butuh uang, karena harus membeli lisensinya. Selama belum divalidasi, di system try pada komputer kita akan muncul peringatan Windows Genuine Advantage atau biasa diseut WGA Notification yang berbunyi:
You may be a victim of software counterfeiting
This copy of Windows is not genuine. Click This balloon to resolve now.
Kalo diklik kanan tampilannya seperti ini:
Ternyata tidak hanya sampai disini. setiap komputer kita start, akan muncul peringatan serupa.
This copy of Windows is not genuine.
You may be a victim of software counterfeiting
Tak bosan-bosannya Microsoft mengingatkan kita untuk melakukan validasi. Setelah peringatan tadi kini diikuti dengan dialog pilihan apakah kita akan memvalidasi sekarang atau nanti. Pilihan apapun yang kita berikan, setelah start up komputer selesai, secara otomatis browser kita akn terbuka dan di arahkan menuju situs Microsoft.
This copy of Windows is not genuine and you have not yet resolved this issue. This computer is no longer eligible to recieve select security upgrades from Microsoft.
To protect your copy of Windows, you must click Get Genuine now
Memang sampai saat ini peringatan ini hanya masih sebatas peringatan. Tapi tentunya kita tidak suka dengan hal-hal semacam ini, karena sedikit banyak berpengaruh pada performa komputer.
Nah, bagaimana cara menghilangkannya?
Ada banyak sekali trik untuk menghilangkan Notifikasi ini. Dari sekian banyak cara, ada cara yang sangat mudah, yaitu menggunakan utility Autoruns dari sysinternals.com. Autoruns ini besarnya hanya 364 KB dan dapat langsung di running tanpa perlu di install. Download software autoruns melaui official sitenya atau bisa juga di sini
Cari file dengan nama WGALogon kemudian hilangkan ceklistnya. Hanya itu. saja. ketika kita merestart komputer, peringatan itu sudah tidak ada lagi.
Jika kesulitan menemukan di mana letak WGALogon, cukup Klik File >> Klik Find dan ketikkan: wga. Tekan Enter. Item wga logon akan langsung tersorot.
Sebenarnya sampai disini sudah cukup. tapi jika kita benar-benar ingin ‘menghabisi’ sampai ke akar-akarnya. Hapus file-file berikut ini:
C:\WINDOWS\system32\WgaLogon.dll
C: \WINDOWS\system32\WgaTray.exe
C:\WINDOWS\system32\LegitCheckControl.dll
Untuk menghapus file tersebut, restart komputer terlebih dahulu. setelah direstart, baru dihapus.
Kemungkinan jika kita melakukan update online, kita akan diminta menginstal lagi file tersebut. Tapi pada kasus saya, ketika mengklik untuk mendownload update Microsoft, hanya menghilang begitu saja.

14 komentar:

Anonim mengatakan...

wah bagus sarannya, saya coba di latop saya, dan ternyata bekerja. atas sarannya saya ucapkan terima kasih.

Arif S. Kasri mengatakan...

Terima kasih klo ga ad blog ini mungkin gw gtw harus ngapain, mantap dh, n thanks for this blog....

Blog Inspirasi mengatakan...

terima kasih mas, saya sangat terbantu dengan adanya artikel ini, terima kasih banyak mas....

jikri mengatakan...

terima kasih banyakkkkk

Anonim mengatakan...

nhun cenk,,,!!!!

Anonim mengatakan...

terimakasih untuk artikelnya....

Ken mengatakan...

Hal serupa terjadi di pc saya om..? Saya akan coba trik sampeyan..? Thanks sebelumnya..

Anonim mengatakan...

Terima Kasih banyak . . . :)

Senang x bisa ilang juga tu windows. . . :)

Ridwan mengatakan...

bagaimana dgn Windows 7 Mas....apa sama aj dgn cr menghapus file2 tsbt
Trim's

Ridwan mengatakan...

BAgaimana dgn Windows 7 Mas...
Apa sama aj am Windows XP dgn cara menghapus file2 tsb??

Ridwan mengatakan...

Bgaimana dgn Widows 7 Mas....
apa sama aj cranya dgn XP??
Trims

Blog anyar mengatakan...

ketika find klik wgalogaon itu muncul tulisan cannot find wgalogon.padahal klo dicari di c system32 ada lhoo..gmn mas bro?

Blog anyar mengatakan...

ketika find wgalogon ga bisa mas..muncul tulisan cannot find wgalogon. padahal klo saya liat di c system32 wga logon n wgatray nya ada lhoo.mohon bantuannya

Anonim mengatakan...

kok aku ga nemu WGALogon nya yah?ada juga tulisannya Winlogon :(