Selasa, Mei 27, 2008

Potret : Chandra Kusuma School (Sekolah Standard Internasional)

Cambridge International, Memberikan Predikat Centre kepada Sekolah Lokal

Sejak Mei 2008 ini, Chandra Kusuma School mendapat status baru sebagai International Centre dari University of Cambridge International Examinations (CIE). Sebagai centre, Chandra Kusuma School sekarang dapat menawarkan ragam kualifikasi yang dapat diterima di dunia internasional, termasuk Checkpoint dan International General for Se-condary Education dari Cambridge.

University of Cambridge International Examinations (CIE) merupakan penyelenggara kualifikasi terbesar di dunia untuk usia 14-19 tahun. CIE juga menawarkan ragam kualifikasi yang dibuat dan disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan internasional. Kualifikasi yang dimiliki CIE termasuk Cambridge IGCSE dan International A/AS Level. Kualifikasi CIE ini diterima di 150 negara, sangat dikenal di berbagai perguruan tinggi, penyelenggara pendidikan dan perusahaan di seluruh dunia.

Ann Puntis, Chief Executive dari University of Cambridge International Examinations menyambut gembira kerja sama dengan Chandra Kusuma School. "Dengan bangga kami mengumumkan bahwa Chandra Kusuma School kini telah terdaftar sebagai Centre. Kami berharap kerja sama ini dapat berlanjut dan berkembang dalam jangka panjang, sehingga dapat memberikan benefit kepada semua siswa di wilayahnya," katanya.

Sebagai Centre dari Cambridge International, Chandra Kusuma School kini dapat menawarkan kepada siswa di Indonesia kualifikasi terbaik yang dikenal di seluruh institusi pendidikan dan perusahaan di seluruh dunia.

Hal senada dinyatakan Mrs Malahayati Holland selaku Ketua Yayasan Pendidikan Cemara Asri. "Chandra Kusuma School bangga dapat bekerja sama dengan Cambridge, sebagai pengembangan pelayanan kami di sektor pendidikan sekaligus menawarkan dan memberikan kesempatan kepada masyarakat luas akan pendidikan bermutu," ujarnya.


Chandra Kusuma School

Chandra Kusuma School didirikan tahun 2003. Sejak awal didirikan sekolah ini untuk memberikan kontribusi yang berbeda di dunia pendidikan di Sumatra Utara. Di Chandra Kusuma, siswa diajarkan untuk belajar secara mandiri, belajar teori melalui praktik dan lebih mementingkan pemahaman esensi dari pelajaran. Seperti perjalanan field trip untuk tingkat secondary, siswa langsung dihadapkan antara teori dan kenyataan yang terjadi di alam. Untuk mengetahui tingkat penalaran mereka, setelah itu akan dilakukan pengetesan pemahaman melalui ujian.

Yang penting untuk proses belajar mengajar adalah fasilitas serta lingkungan yang mendukung. Karena kenyamanan yang diterima siswa membantu proses penyerapan ilmu yang dibutuhkannya. Fasilitas yang diberikan Chandra Kusuma School terhadap muridnya semua mengacu kepada kebutuhan akan keingintahuan siswanya.

Untuk tingkatan secondary, hal yang berbeda pada tingkat secondary di sini adalah siswa dapat memilih kurikulum yang akan dipelajarinya. Bisa menggunakan kurikulum nasional, ataupun kurikulum Cambridge International Examinations (CIE). Kurikulum CIE ini diadakan untuk mempermudah siswa yang ingin melanjutkan studinya ke luar negeri. Bagi siswa yang berminat mengikuti kelas persiapan CIE ini harus memiliki kemampuan bahasa Inggris yang sangat baik, karena bahasa pengantar dan text book-nya memakai bahasa Inggris. Untuk bahan ujian dan lembar jawaban akan didatangkan langsung dari Inggris. Ujian akan dilaksanakan bulan Mei, Juni dan November setiap tahunnya. Ujian-ujian yang tersedia di Chandra Kusuma adalah Cambridge Checkpoint, Cambridge IGCSE dan A Level.

Cambridge Checkpoint


Kelas persiapan untuk ujian Checkpoint akan berlangsung selama dua tahun, yaitu pada tingkat Secondary 1 & 2 (SMP kelas 1 hingga 2). Subject yang diajar dan diujikan adalah English, Mathematics dan Science.

Kurikulum nasional masih tetap diajarkan kepada siswa checkpoint, agar siswa masih tetap dapat meneruskan pendidikan mereka di program nasional bila diinginkan. Cambridge Checkpoint bisa sangat membantu siswa dan orangtua siswa untuk mengetahui kemampuan mereka pada tingkat ini dan membantu memutuskan apakah siswa akan melanjutkan ke program Cambridge berikutnya yaitu Cambridge IGCSE.

Cambridge IGCSE

Kelas persiapan untuk tingkat ini akan dimulai pada tingkat Secondary 3 s/d 4 (SMP kelas 3 hingga SMA kelas 1). Subject wajib yang diajar dan diujikan adalah English, Mathematics, Physics, Biology dan Chemistry. Namun masih ada beberapa subject opsional yang bisa dipilih oleh siswa sesuai minatnya, seperti Information and Communication Technology, Business Studies dan Bahasa Indonesia. Pada masa akan datang, subject opsional yang diajarkan dan diujikan masih akan dikembangkan lagi. Selain itu, kurikulum nasional juga masih tetap diajarkan untuk siswa IGCSE, sehingga siswa masih dapat mengikuti ujian nasional sesuai dengan ketentuan Departemen Pendidikan Nasional.

A LEVEL

Kelas persiapan pada tingkat A level juga memakan waktu dua tahun, yaitu pada Secondary 5 s/d 6 (SMA kelas 2 hingga kelas 3). Pada tahap ini siswa tidak dianjurkan lagi untuk mengambil kurikulum nasional, karena pada tahap ini siswa diharapkan sudah terkonsentrasi dengan jurusan yang akan diambil pada saat di perguruan tinggi nanti.

Tidak ada komentar: