Selasa, Desember 25, 2007

Step by Step Blog di WordPress ( Part III )

Di Wordpress.com, mengaktifkan widget di sidebar atau kolomsisi boleh dikatakan “wajib”, sebab tanpa itu kita tidak akan dapat menambah aksesoris blog sesuai dengan yang kita inginkan. Aksesoris yang saya maksud, seperti yang bisa Anda lihat di sidebar blog ini, seperti Text Area, RSS dari blog lain, Recent Comment/Pembaca Terbaru mybloglog.com, dan lain-lain. Ikuti tip praktis berikut untuk mulai mengaktifkan widget blog Anda di sidebar.
1. Setelah login -> klik “Tampilan” atau “Presentation”
2. Klik “Widget”
3. Ada menu “Widget yang Tersedia”, di bawahnya ada kotak-kotak kecil (widget) -> Tarik kotak yang Anda inginkan ke “Kolom Sisi” atau “Sidebar” di atasnya. Contoh, tarik widget “Tulisan Terbaru” ke atas.
Tip: Cara narik: arahkan mouse ke widget -> klik kiri terus-menerus ->tarik ke “Kolom Sisi” atau “Sidebar”
4. Klik “Simpan Perubahan” atau “Update Change” (lihat bagian sebelah kanan atas dan/atau bawah).
5. Selesai. Widget Anda sudah aktif. Sidebar blog Anda sudah diisi widget. Ulangi hal serupa untuk memindahkan widget-widget lain yang masih “nganggur” di bawah. Seperti widget “Arsip”, “Komentar Terbaru”, “Meta”, “Teks”, “RSS”, dan lain-lain.

Catatan:
Untuk widget TEXT, setelah dinaikkan ke sidebar/kolom-sisi, Anda perlu mengeditnya supaya berfungsi. Caranya, klik dua-kali TEXT tersebut, setelah itu isi dengan kode html yang Anda inginkan. Contoh, isi kode tukar link saya:
Blogger Indonesia
Setelah itu, klik “Simpan Perubahan” atau “Update Changes”
Untuk widget RSS, setelah naikkan, klik dua kali di kotak kecil widget tersebut, setelah terbuka isi RSS blog atau situs yang ingin Anda pasang. Contoh, pasang RSS ini -> http://feeds.feedburner.com/zoelranto

Jangan lupa menyimpan dengan cara klik “Simpan Perubahan” atau “Update Changes”.

1 komentar:

Diva mengatakan...

hmm makasih ya mas :D