Selasa, Maret 11, 2008

Bermula dari Diri Sendiri

Maap, baru sekarang update Blog lagi.... soalnya harus menyiapkan kerjaan yang ada didaerah (sudah terlanjur berjalan Turnamen Sepak Bola Bupati Cup ke 7) kebetulan SMK Negeri 1 Rantau Utara menjadi Tuan Rumah, ditambah lagi harus rela tidur jam 3 pagi buat menyiapkan berkas esoknya untuk Pertandingan.

Untuk kerja awal sebagai seorang konsultan untuk tahun 2008, saya mencoba benahi terlebih dahulu daerah saya, karena saya punya perinsip bahwa untuk dapat menilai orang lain, haruslah dapat menilai diri sendiri.

Pada awalnya, kondisi Dapodik di Kab. Labuhanbatu tidak menentu, (karena saya lebih banyak di ICT Centre SMK Negeri 1 Rantau Utara) dikarenakan terlalu banyak operator yang menangani (ditanya yang ini jawabannya yang itu, ditanya yang itu dijawab yang ini) akhirnya didapat satu orang operator yang kerjanya super merangkap....dari operator tersebut diketahui bahwa data dapodik sudah ada dan tinggal di uploader (nah...kan bingung), lantas saya bertanya kenapa tidak di upload...alasannya dari mulai gangguan listrik, jaringan, sampai tidak ada kesempatan untuk waktu upload (maklum merangkap) padahal operatornya banyak. Dengan sedikit merayu, akhirnya saya dapat melihat bagaimana proses upload yang dilakukan oleh sang operator(Irfan), wah....ternyata pada waktu upload, saya melihat ada keanehan....data yang diupload ternyata error semua. operator dapodik langsung bilang bahwa "begini lah pak data yang kita upload error semua". sampai disini saya terdiam, dalam hati saya berfikir pasti ada kesalahan data, karena saya juga termasuk operator Schoolmaping, zaman-zaman nya pemetaan, dan secara teknis lebih rumit dari uploader ini, tetapi koq sampai sekarang gak beres2????
Besoknya saya minta nomor telp atau Hp yang dapat dijadikan panduan dalam upload dapodik. dari operator tersebut saya dapat no hp mas sundoro, saya coba kontak, dipandu dan berhasil upload NISN 1 sekolah. saya langsung mengajari operator tersebut, lantas dia menjawab "pantesan pak, selama ini gak bisa diupload, ternyata ada kesalahan kolom dan data" (selama ini permasalahan tidak terjadinya upload dikeranakan adanya kerancuan kolom spreadsheet).

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Salam kenal bro.
Saya juga dari rantau prapat :D