Sabtu, Maret 29, 2008

KPLI Rantauprapat menyelenggarakan seminar dan workshop Linux







ImageKomunitas Pengguna Linux Indonesia Rantauprapat (KPLI Rantauprapat) menyelenggarakan seminar dan workshop Linux dengan Tema Linux untuk semua. Acara tersebut diselenggarakan pada hari Sabtu, 15 Maret 2008 di Gedung PKK Jalan WR. Supratman Rantauprapat yang diikuti peserta sekitar 112 orang dari kalangan pelajar/mahasiswa, guru/dosen, dan professional. Acara ini disponsori oleh PT. Telkom Indonesia, Politeknik Informatika (STIEKOM) Rantauprapat, Sigma Agung Indonesia, PT. Djarum, dan Pass FM Rantauprapat. Sebagai pembicara adalah pentolah-pentolan KPLI Rantauprapat dan PT. Telkom Indonesia yakni Denny Charter, ST (Ketua KPLI Rantauprapat), Zulkifli Akbar (Wakil Ketua 1 KPLI Rantauprapat), Acen Susanto (Wakil Ketua 2 KPLI Rantauprapat), dan Sonny Hidayat, ST, M.MT (Manager Data & Value Added Services PT. Telkom Kandatel Sumatra Pematang Siantar).

ImageDi sesi pertama pembicara adalah Denny Charter, ST menjelaskan Fungsi Utama sebuah Sistem Operasi pada Sistem Komputer dimana Linux merupakan sebuah OS masa depan yang penuh keunggulan. Diperlukan tahapan-tahapan yang tepat untuk bermigrasi ke Linux. Menurut Denny sesi ini bertujuan memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa ada Linux selain Windows sehingga menimbulkan rasa ingin tahu yang besar bagi para peserta tentang Linux.


Sesi kedua diisi oleh Zulkifli Akbar (Zoel Ranto). Disini dipaparkan bahwa Linux memiliki banyak Distribusi / Distro yang memiliki keunggulan masing-masing. Munculnya Distro adalah salah satu keungulan di Linux dimana user dapat memilih sendiri Distro yang sesuai dengan lingkungannya. Dicontohkan beberapa Distro populer seperti Ubuntu, Slackware, Mandriva, BlankOn, IGOS, dan RedHat.

Disesi tiga giliran Sonny Hidayat memaparkan materinya. Disini dijelaskan keunggulan Linux yang diterapkan sebagai server Jaringan di PT. Telkom. Sebagian besar Server di Telkom dan Dunia menggunakan Linux karena tingkat kestabilan dan keamanannya yang tidak diragukan lagi. Karenanya menggapa kita ragu untuk pindah ke Linux sementara perusahaan-perusahaan kelas dunia seperti Telkom, IBM, HP, dll sudah lebih dahulu menggunakan Linux.

ImageDisesi terakhir giliran Acen Susanto dan Erwin yang memaparkan materinya. Acen Susanto menjelaskan bahwa Linux Desktop juga sudah jauh lebih baik dari sistem operasi desktop terkenal lainnya. Kalau dulu Linux terkenal untuk applikasi Jaringan maka sekarang untuk Desktop pun juga akan terkenal. Acen mencontohkan Distro Ubuntu yang dianggap sebagai satu-satunya Sistem Operasi yang mempu menyaingi Windows Vista milik Microsoft. Disesi ini juga di gelar workshop menginstall Ubuntu 7.10 oleh Erwin Yanto (Anggota KPLI Rantauprapat). “Memang Linux udah keren banget” menurut komentar salah seorang peserta seminar.

Tidak ada komentar: