Selasa, Oktober 07, 2008

Plus Minus Axioo Pico 616 dan 616A

Apa sih menariknya Axioo Pico dibandingkan dengan netbook yang lain? Hmm… pertama, kapasitas harddisknya yang 160 GB. Sangat lega untuk laptop seukuran 10″. Sementara para pesaingnya masih berkutat pada SSD berukuran kecil, atau harddisk beberapa puluh hingga 120 GB, Axioo telah selangkah lebih maju dengan menghadirkan space 160 GB yang bisa kita isi apa saja sampai puas!

Sama seperti para pesaingnya, Axioo Pico juga menggunakan prosesor Intel Atom. Memory sebesar 1 GB telah disertakan secara default, dan masih bisa diupgrade hingga 2 GB. Beberapa netbook yang saya sebutkan di atas ada yang mentok memory-nya sebesar 1 GB dan tidak dapat diupgrade. Kesimpulannya: Axioo Pico lebih keren karena memory-nya bisa diupgrade :)

Fasilitas-fasilitas standar lainnya juga ada. Sebut saja konektivitas Bluetooth, Wifi dan Ethernet, webcam dan microphone, card reader, serta tiga buah port USB 2.0. Ada juga port VGA-out sehingga kita bisa sedikit gaya-gayaan presentasi dengan laptop mungil :D

Untuk keperluan ketik-mengetik, keyboard Axioo Pico jelas lebih manusiawi, tidak membuat pegal linu dan otot kaku karena ukurannya cukup lebar. Sementara netbook yang lain…. terlalu kecil.

Namun demikian ada sedikit kekurangan yang bagi saya agak mengganggu. Panas yang dihasilkan sepertinya terkumpul di touchpad, sehingga telapak tangan jadi terasa kurang nyaman waktu mengetik. Walaupun untungnya tidak terlalu panas sehingga masih bisa ditolerir. Sementara angin yang berhembus dari jendela ventilasi dingin-dingin saja. Kesimpulan saya sih, distribusi panasnya kurang merata, dan sarana pembuangan panasnya masih perlu mendapatkan perhatian.

Axioo Pico menggunakan baterai 3-cell yang mampu bertahan lebih dari 2 jam. Padahal di iklannya, netbook ini mampu bertahan selama 6 jam — dengan tanda bintang (*) dan tulisan keciiilll “jika menggunakan baterai 6-cell” — Beberapa netbook lain sudah menyertakan baterai 6-cell secara default. Sementara pengguna Axioo Pico harus mengganti baterainya jika ingin puas bermain komputer 6 jam non-stop tanpa setrum dari PLN.

Laptop mungil ini cukup berat juga ternyata. Semula saya pikir 1,2 kg itu ringan sekali, namun kenyataannya, pundak saya pegal karena kelamaan menenteng netbook ini. Netbook lain ada yang beratnya di bawah 1 kg. Sepertinya Axioo Pico memegang rekor netbook paling berat untuk saat ini.

Axioo Pico telah menyertakan sistem operasi Microsoft Windows XP. Akhirnya sekarang saya punya lisensi Microsoft Windows asli nih :) Sebenarnya saya ingin menginstal Linux di netbook ini, namun saat ini dukungan sistem operasi Linux untuk netbook berbasis Intel Atom nampaknya masih dalam pengembangan, belum sempurna. Sepertinya lebih baik menunggu beberapa saat dulu sampai dukungan untuk Atom sudah sempurna. Saya sudah sedikit membaca-baca mengenai proyek Ubuntu Netbook Remix. Semoga saja segera muncul versi stabilnya. Dan semoga saja Ubuntu 8.10 yang akan dirilis pada bulan Oktober nanti sudah mendukung penuh netbook berbasis Atom. Jadi bisa segera diinstal :D

Sambil menunggu dirilisnya distro Linux yang mendukung penuh perangkat keras netbook, saya pun menginstal aplikasi free dan open source pada Windows XP di netbook ini. Andalan saya adalah aplikasi-aplikasi keluaran PortableApps yang praktis, ringan dan elegan. Saya tidak membutuhkan aplikasi yang aneh-aneh dalam bekerja. Aplikasi-aplikasi PortableApps sudah cukup membantu saya dalam bekerja.

Secara umum, netbook ini cukup untuk membantu tugas-tugas saya. OpenOffice.org yang biasanya memerlukan waktu lama untuk loading, di netbook ini cukup beberapa detik saja langsung terbuka sempurna! Untuk menjalankan game favorit saya, Sanguo: Fate Of The Dragon, juga tidak ada perbedaan dengan di komputer biasa.

Spesifikasi :

Processor : Intel® Atom™ processor N270 ~ 1.6Ghz, 512Kb L2 Cache, FSB 533MHz (On Board)
Chipset : Intel 945GSE (MCH)+ ICH7-M (ICH)
Memory : (included) Onboard 1GB (DDR2 667 MHz, PC5300)
(additional) 1x 200 Pin SO-DIMM Sockets DDR2, Supporting DDR2-533/667 MHz (Known As PC4200/PC5300)
Total supporting up to 2GB (512/ 1024 DDR2 Module)
Graphics Controller : • Intel GMA 950 Integrated
• Support Dynamic Video Memory Technology
• Support Microsoft DirectX 9.0
Display : 10" TFT 1024 x 600 resolution (WXGA)
Storage / Drivers :
• 1x Nand Flash Card
• 1x 2.5" HDD S-ATA 160 GB
Keyboard :
• Winkey Keyboard
• Built-in Touch Pad
Sound System :
High Definition Audio
Direct Sound 3D Compatible
Built-in Microphone & Two Speaker
I/O Ports :
• 3x USB 2.0 Ports (USB 1.1 Compatible)
• 1x External CRT
• 1x Headphone Jack
• 1x Microphone Jack
• 1x Internal Microphone
• 1x RJ-45 Jack for LAN
• 1x DC-In Jack
Slots : 3 in 1 Card Reader Support (MMC/SD/MS)
Communication :
• 10/100 Mb Base-T Ethernet
• Wireless 802.11 b/g
Camera : • 1.3 MP Video Camera Module
Power: : • Full Range 40Watt AC Adapter
• 3 Cells Smart Battery Li-on 11.1V/2.2Ah (Removable)/ 6 Cells Smart Battery Li-on
11.1V/5.2Ah (Removable)
• RTC Battery
Security: : Kensington® Lock
Support O.S : Linux, Windows XP and Windows Vista
Dimension: : 260mm(w) x 180mm(d) x 19-31.5mm(h)
1.2 Kg

Tidak ada komentar: