Rabu, April 22, 2009

Angin Kencang dan Hujan Lebat merusakkan Bangunan Sekolah

Hujan deras dan angin kencang, Senin (20/4) malam, memporakporandakan bangunan di Rantauprapat. Salah satu bangunan yang paling parah kerusakannya, STM Pemda dan SMP Negeri 1 Rantau Selatan, Kabupaten Labuhanbatu.
Kepala Sekolah STM Pemda Drs Waluyo kepada wartawan, Selasa (21/4), mengatakan, 4 ruang kelas yang dijadikan ruangan ujian nasional (UN), rusak dihantam angin dan hujan lebat hari Senin malam. Terpaksa malam itu juga perlengkapan dipindahkan ke ruangan kelas lain supaya murid peserta UN bisa mengikuti ujian, Selasa pagi.
“Malam itu juga terpaksa buru-buru menyusun bangku sekolah agar hari Selasa pagi para siswa siswi peserta ujian tidak terganggu,” paparnya.
Gedung STM Pemda yang dibangun tahun 1971 itu merupakan salah satu bangunan sekolah yang didesain sedemikian rupa memakai kayu, namun 4 ruangan kelas rusak cukup parah akibat hujan lebat dan angin kencang. Rangka atap dan dudukan kuda-kuda kerangka bangunan serta sengnya terbang sejauh 8 meter.
“Kalau menilik bangunan model sekarang, saya bisa pastikan kerangka atap dan sengnya bakal terbang semua,” ujarnya.
Sekolah yang berdekatan dengan STM Pemda, SMPN 1 Rantau Selatan juga mengalami kerusakan. Puluhan seng secara sporadis terbang dan mematahkan sebagian kayu peyanggah seng.
Menurut Kasek Drs Sanuddin Desky, sekolah yang dibinanya mengalami kerusakan satu ruangan kelas dan satu ruangan guru.
“Kami sudah kordinasi dengan kepala sekolah STM Pemda untuk membuat laporan ke Dinas Pendidikan Pemkab Labuhanbatu dan sekaligus berharap ada perhatian dari dinas sehingga bangunan yang rusak bisa diperbaiki,” ujarnya.

Sumber : hariansib

Tidak ada komentar: