Kamis, Mei 01, 2008

Antara Pita Giri dan Seamolec

Hotel Pita Giri

Rakor Pendamping perencanaan telah berakhir, sabtu 26 april 2007 di Hotel Pita Giri, dengan agenda laporan rutin dan Presentase pendamping Provinsi yang memakan waktu 20 menit lebih dari masing-masing pendamping, dengan dibagi 2 kelompok. Dari hasil yang didapat diketahui perkembangan masing provinsi mengenai Jardiknas, Dapodik PJJTKJ dan PJJPGSD.


Esok hari (jam 7.30) kami bangun agak telat (mungkin karena kecapean) tanpa mandi, buru-buru ke lantai 1 hotel karena Bus yang akan mengangkut Pendamping Perencanaan 2008 akan menuju ke Gedung Seamolec yang bertempat di daerah Ciputat, berdampingan dengan Wisma UT dan memang di lokasi Universitas Terbuka.

Seamolec

Sekitar satu jam perjalanan akhirnya kami sampai di Wisma UT (bayangkan belum mandi), menuju ke kamar yang disediakan oleh Panitia dan langsung mandi.

Bertempat di gedung Seamolec yang suasananya begitu nyaman dan ruang pertemuan yang ditata sedemikian rupa (kapan ya bisa punya ruangan seperti itu...:-( ). Diruang tersebut terdiri dari para Pendamping Perencanaan, Karyawan Seamolec, Pak GHP, Pak Bagiono dan yang tidak kala menarik adalah Bapak Indra Jati (Mantan Dirjen Dikdasmen Depdiknas RI) yang dengan senyum dan secara familier mengadakan interaksi kepada Pendamping Perencanaan dengan ucapan yang paling terkesan adalah "Jika kita Mau Pasti Akan Bisa dan Tidak ada yang Tidak Bisa". Ulasan-ulasan beliau yang membuat para Pendamping terkesima dengan sepak terjang Pak Indra selama di Depdiknas membangun pendidikan di negara ini. Terakhir Pak GHP menutup acara pertemuan yang singkat tetapi sangat berkesan dengan menambahkan untuk menjadi seorang manusia yang baik itu sulit, karena manusia yang baik akan terdorong untuk melakukan kegiatan untuk membantu orang lain.

Beberapa program yang ada di Seamolec antara lain : SEA-EDU, SEA-RADIO, SEA-Games,SEA WEB 2.0 ,

Perogram lain yang dapat memberikan wawasan untuk maju dan berkembang adalah Mitra 150 dan Mitra 500 yang beorientasi Kuliah Jarak Jauh dan Pendidikan Jarak Jauh dengan Sertifikat Internasional

Mitra 150 mencakup Perguruan Tinggi yang ada di Provinsi dan Kab/Kota.

Mitra 500 mencakup Center, MGMP, Dinas Pendidikan dan kelompok2 belajar, Sekolah SD, SMP, SMA dan SMK.

Antara Pita Giri dan Seamolec membawa kenangan yang indah yang menjadikan kita untuk merenung bahwa masih banyak Guru-guru SD yang ada di Kab/Kota belum mencapai gelar S1.

Antara Pita Giri dan Seamolec menjadikan kita merenung akan ketidak mampuan kita untuk mengatasi Pengangguran yang terjadi Setiap Tahun.

Antara Pita Giri dan Seamolec menjadikan kita mempunyai secerca harapan untuk dapat ikut membantu Pemerintah dalam hal menuntaskan Buta Huruf dan Menciptakan Sumber Daya Manusia yang dapat bersaing dengan Negara-negara lain, walaupun yang kita perbuat hanya kecil dan mungkin tidak berharga.....tetapi semangat untuk dapat berbuat dan membantu itu yang membuat kita makin besar dan mulia. Amin.

Tidak ada komentar: