Jumat, Mei 30, 2008

Grilya Koneksi III (Kota Sibolga)


Perjalanan dilanjutkan, sebenarnya tujuan berikutnya adalah Kab. Samosir tetapi dikarenakan sesuatu hal, maka tujuan dialihkan ke Kota Sibolga yang berada di ujung selatan Sumatera Utara.

Dengan menggunakan angkutan Simpati dari Kota Medan kami berangkat Tanggal 29 Mei 2008 jam 20.00 WIB selama + 12 jam perjalanan. Jam 6, kami sampai ke Kota Sibolga dan diantar langsung menuju ke SMK Negeri 1 Sibolga, belum ada orang yang kami jumpai...untungnya penjaga sekolah melihat dan mempersilahkan kami masuk ke areal sekolah yang terlihat asri di gedung berlantai 3 itu, sambil meletakkan barang-barang bawaan, kami mencari tempat sarapan pagi (biasanya ada lontong sayur dan Nasi Gurih).

Setelah kembali, kami diterima Kepala SMK, Bapak Drs. Bresman Rajagukguk, Koordinator ICT Center SMK bapak Liat Sinaga, SPd. dan Kasubdis Bina Program (Bapak Jeriko Siahaan). Sambil ngobrol dapat diambil kesimpulan Kota Sibolga tidak begitu ada masalah baik itu koneksi, NPSN, NISN dan NUPTK (laporan saya buat dalam bentuk kuisioner dengan item-item pertanyaan, baik di Dinas Pendidikan dan ICT Center SMK) dan direncanakan hari ini kami bermaksud akan memasang hotspot untuk 2 titik lokasi (Dinas Pendidikan dan SMK Negeri 1 Sibolga) untuk pengembangan Client ICT Center yang sudah di rancangkan melalui APBD. SMK ini berada di jalan Dr. F.L.Lunban Tobing yang bersebelahan dengan Rumah Sakit Umum dengan nama yang sama.

Tiba-tiba hujan mengguyur Kota Asri dan bersih ini, terpaksa menunggu sampai hujan redah..

Jam 3.00 WIB, pekerjaan dilanjutkan pemasangan Antena Omni di ICT Center SMK Negeri 1 Sibolga , selesai dalam waktu 1 jam....heheheheh...

Seterusnya lokasi ke dua, Dinas Pendidikan Jl. Tuanku Dorong Hutagalung yang berjarak 105.4 mtr (dengan GPS) dari ICT Center SMK. Dilokasi ini pekerjaan di lakukan dengan ektra hati-hati (maklum...Dinas Pendidikan...) dan menggunakan metode Spot Jantung (bahasa medan nya), karena Tower yang berdiri kurang kokoh dan goyang.....mungkin karena kabel pengikat tower sudah mulai kendur.....agak sedikit terhibur juga nih... karena ditemani langsung oleh Kasubdis Bina Program, Koordinator ICT Center SMKN1 Sibolga dan Plus kawan lama, Bang "Botak" Zainuddin Saragih, S.Kom....hahahahahaha.....(julukannya asli sebenarnya "Andre Agasi" mungkin karena mirip) koodinator ICT Kab. Tapanuli Tengah.

Jam 6.30 WIB, pekerjaan untuk lokasi kedua ini selesai.Karena hari sudah mulai gelap dan ditambah lagi signal yang diperoleh kurang memadai membuat lengkap lah rasa letih dan capek seharian memasang hotspot untuk 2 lokasi ini...pekerjaan akan dilanjutkan besok.

Malam hari, dengan ditemani Bang Saragih melihat-melihat keramaian kota Sibolga. Ada beberapa hal yang menarik pada saat saya mengunjungi daerah Pusat Jajanan di Kota ini yang diberinama Sibolga Square, berada di sepanjang jalan di Jl. Ahmad Yani penuh dengan jajanan daerah, dari mulai gorengan-gorengan khas Sibolga sampai makanan seperti Nasi Padang, Nasi Gulai, ayam dan ikan bakar khas laut (daerah pesisir pantai)....kemudian hal menarik lainnya adalah bahasa. Masyarakat di daerah ini rata-rata menggunakan bahasa Minang (padang) tetapi tidak begitu kental.

Jam 1 .00 Wib, hotspot di Dinas Pendidikan selesai dan dicoba langsung oleh Kasubdis Bina Program dan berhasil, kemudian pemasangan Client pertama (SMA Negeri 1 Sibolga) yang letaknya 50 mtr dari ICT Center. Maka berakhirlah perjalanan kami di kota Sibolga yang Bersih dan Asri ini....




Next....perjalanan ke Kab. Tapteng...................

Tidak ada komentar: