Sabtu, Mei 31, 2008

Grilya Koneksi IV (Kota Pdg Sidempuan & Kab. Tapsel)

Perjalanan dilanjutkan.........

Sebenarnya jarak dari Kantor Dinas Pendidikan Kota Sibolga dan Dinas Pendidikan Kab. Tapanuli Tengah tidak begitu berjauhan, dapat ditempuh lebih kurang dari 1 jam perjalanan, jadi saya tunda dulu dan lanjut menuju ke Kota Padang Sidempuan.

Perjalanan ke Kota Padang Sidempuan dari Sibolga dengan menggunakan angkutan umum berkisar 3 jam setengah melewati daerah pinggiran laut Tapanuli dengan jalan yang berkelok-kelok dan cukup melelahkan. Dipinggiran jalan dilihat jajanan buah durian yang sangat menggiurkan.....hem....ada keinginan untuk mencicipi.

30 Mei 2008 : Jam 5 sore sampailah di SMK Negeri 1 Padang Sidempuan, Koordinator ICT Center telah menunggu kedatangan kami, berkeliling melihat keadaan Sekolah dan ruang ICT Center.
Kepala SMK Negeri 1 Padang Sidempuan, Drs. Afifuddin Lubis yang menjabat di sekolah ini selama 6 tahun menjadikan sekolah ini menjadi salah satu sekolah favorit di Kota Salak ini dan sekarang lagi sibuk berbenah untuk menuju ke Sekolah Berstandard Internasional (SBI). Sambil ngobrol tentang tujuan kedatangan saya, Visi dan Misi kedepan ICT Center dan mohon izin menginap di ICT Center, tetapi rupanya beliau sudah menyiapkan penginapan untuk kami (hehehehe....lumayanlah).
Malam harinya kita ngobrol2 dengan koordinator ICT Center Bapak Alimansyah sekaligus mencoba koneksi Jardiknas dengan Jarak 3 km dari Dinas Pendidikan. Ternyata Koordinator ICT Center Tapanuli Selatan juga hadir karena tau akan kedatangan kami (wah...wah... padahalkan kita mau grilya....). Wilayah Tapanuli Selatan yang begitu banyak perbukitan membuat sulitnya koneksi SMK Negeri 1 Sipirok ke Dinas Pendidikan yang masih berada di daerah Kota Padang Sidempuan. Beliau juga menjabarkan kalau sampai saat ini koneksi yang digunakan menggunakan Speedy dan baru saja dipasang....keluhan dari mana biaya menutupi koneksi speedy dan pengembangan kedepan menjadi topik pembicaraan hangat malam itu. ICT Center Padang Sidempuan sekarang ini sudah mempunyai 3 client.

Jam 11 malam, karena badan sudah cuuaaaapek, kami menuju ke penginapan tuk istirahat....

31 Mei 2008 : Jam 8, dari penginapan (menggunakan angkutan betor vespa), menuju ke Dinas Pendidikan Kota Padang Sidempuan tuk melapor....karena yang mau ditemui gak ketemu (Kasi Bina Program), putar haluan menuju ke Dinas Pendidikan Tapanuli Selatan, diterima Kasubdis Bina Program Bapak Burhan dan melihat-lihat ruang ICT Dinas Pendidikan dan berkenalan dengan Staf di Bina Program dan Kasubdis SMK Bapak Purba mantan Kepsek SMK Negeri 1 Sipirok, juga Koordinator ICT Center SMKN1 Sipirok bang Risman Bangun . Dari pak Burhan diketahui bahwa kondisi Juniper saat ini sudah berada di ruang khusus ICT Dinas yang sebelumnya berada di ruang KTU.


Kondisi Dapodik untuk Kab. Tapsel sangat baik sudah mencapai 90%, baik itu NPSN, NISN dan NUPTK dan sudah dimanfaatkan untuk keperluan sekolah dan Dinas Pendidikan.
Permasalahan pokok saat ini belum terkoneksinya ICT Center SMKN1 Sipirok dan sampai saat ini juga (sudah 2 tahun) masalah belum juga terpecahkan. Hampir 1 jam berembuk dan mencari solusi, kesepakatan mau tidak mau dipindahkannya perangkat juniper ke SMKN1 Sipirok adalah solusi akhir.
Kesepakatan akhirnya dicapai, perangkat Juniper dipindahkan ke SMKN1 Sipirok dan Koneksi Jardiknas Dinas Pendidikan Tapanuli Selatan melalui SMKN1 Padang Sidempuan karena Jaraknya cuma 500 mtr. Pemindahan menggunakan Surat Resmi dari Kepala Dinas Pendidikan Tapanuli Selatan ke PT. Telkom Kab. Tapsel (legah akhirnya.....).

Jam 3, ditemani Koordinator SMKN1 Sipirok, berkunjung ke SMKN1 Sipirok yang berada di atas bukit 3 km dari kota Sipirok. Letak Sekolah ini sangat strategis, 2 km dari jalan besar Sipirok naik keatas bukit, berdekatan dengan SMA Plus Sipirok. Dari Sekolah ini terlihat kota Sipirok yang terkenal dengan Makanan Khas Ikan Sale....(kayak Pisang Sale). Melihat kondisi sekolah yang jauh dari rumah penduduk, dalam hati saya berfikir pasti sekolah ini rawan kemalingan dan ternyata dugaan saya tidak salah, baru sekitar 2 hari yang lalu kabel listrik dicuri, bahkan kabel arde (anti petir) baru ketahuan setelah kami melihat-lihat kondisi tower....

Di sekolah ini tidak bisa diadakan ektrakulikuler, Angkutan yang hampir tidak ada dan kalaupun ditempuh dengan berjalan kaki, menanjak dan jauh....."kalau jalan kaki pak, ibaratnya dari bawah kita sudah makan, naik ke sekolah pasti lapar lagi", begitu komentar dari seorang Guru yang kebetulan masih berada di sekolah....

Jam 5, berangkat kembali ke Kota Sibolga.. singgah sebntar di Taman Makam Pahlawan Kota Sipirok yang berada dekat dengan Objek Wisata Dolok Simago-mago, sempat saya bertanya apa maksud simago-mago ini....? Mago-mago itu artinya hilang....jadi dolok simago-mago itu diartikan bukit yang hilang karena kabut.... memang pada saat saya disana, kabut menyelimuti daerah ini dan bukit-bukit tidak kelihatan.....unik ya....

Jam 7 malam, sampai kembali di Kota Padang Sidempuan langsung menuju kerumah Kepsek SMKN1 Sipirok Bapak Drs. Alpian H. M.Pd. Sambutan Kepsek ini sangat baik sekali diterima di rumahnya yang sederhana tapi penuh dengan suasana kekeluargaan. secangkir teh manis membuat hilang dahaga.....
Saya memperkenalkan diri dan menceritakan hasil rembukan dengan Dinas Pendidikan tentang pemindahan perangkat Juniper ke SMKN1 Sipirok. Sambutan Pak Kepsek sangat antusias sekali dan terlihat gembira, berarti pengembangan Teknologi di ICT Center Sipirok akan terlaksana, bahkan beliau sudah membuat ancang-ancang untuk client SD Negeri yang berada dekat dengan sekolah ini dengan pembiayaan dari SMKN1 Sipirok (wah....hebat itu Pak....perlu dicontoh) sebagai bukti pengembangan yang didam-idamkan SMKN1 Sipirok....

Jam 11 malam, kembali ke Penginapan dan Zzzz..Zzzzz...Zzzzz


Next....Perjalanan ke Kab. Madina (Mandailing Natal)

1 komentar:

Zulfahri mengatakan...

Semoga program yang dirancang berjalan sesuai dengan yang diingikan.